Minggu, 27 Oktober 2013

Tips Hindari Penipuan Berkedok Bisnis Online

Bagi anda penggemar shopping online perlu diwaspadai penipuan berkedok bisnis online. Belakangan ini sering terdengar semakin banyak situs penipuan berkedok online shop, dimana para pelaku sengaja menawarkan berbagai jenis barang daganan kepada para pengguna internet untuk tujuan menipu para pengguna internet dengan modus yang selalu berkembang setiap waktunya, ada yang berbentuk penawaran kerja sama, barang, undian berhadiah atau bahkan mengatasnamakan pihak yang sama sekali tidak terkait dengan oknum tersebut.

Untuk itu anda para pengguna internet dan penggemar online shop harus senantiasa waspada dan jeli akan kemungkinan-kemungkinan penipuan berkedok bisnis online tersebut. Dibawah akan kami sebutkan beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat menghindarkan anda dari penipuan berkedok bisnis online, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Pilih toko Online yang terkenal
Berbelanja pada toko online yang sudah memiiki nama dan memiliki banyak pengunjung tentunya akan lebih meminimalisir keraguan tentang keaslian toko online tersebut, karena toko online tersebuh telah banyak dikunjungi dan mendapat kepercayaan dari mereka. Yang perlu anda lakukan adalah meneliti spesifikasi barang yang ditawarkan dengan lebih cermat agar anda tidak merasa menyesal saat barang sampai ditangan anda.
2. Lihat iklan dan penawaranya di beberapa website atau forum
Dengan asumsi awal bahwa perusahaan besar yang telah menghabiskan banyak modal untuk beriklan tentunya akan selalu menjaga nama baik mereka untuk mendapatkan imbal balik berupa keuntungan dari penjualan secara online nantinya dan ini tentunya tidak akan tercapai bila mereka mengecewakan pelangan pelanggan mereka.
3. Profil menunjukkan kredibilitas bisnis online
Walaupun penampilan dan nama yang bagus tidak selalu menjamin kebaikan akan tetapi kebanyakan dari para penipu online tidak mau ambil pusing untuk mengeluarkan biaya menggunakan hosting dan domain berbayar, cara ini mungkin akan lebih baik diterapkan jika ditambah dengan beberapa kriteria lainnya karena teknologi internet dan biaya untuk membeli hosting dan doman tingkat tinggi telah semakin murah.
4. Sertifiksi keamanan situs
Khususnya untuk berbelanja online menggunakan kartu kredit atau pembayaran lainnya seperti rekening online, yang perlu diperhatikan adalah sertifiksi keamanan situs tersebut, kita bisa melihat pada kolom alamat situs di browser yang kita gunakan, alamat situs yang telah menggunakan sertifikasi kemanan berawalan dengan https:// bukan http://
5. Waspadai Penawaran Harga yang terlalu murah
Anda mewaspadai penawaran harga yang terlalu miring dari harga umum produk tersebut apabila anda tidak  mau tertipu. Saya akan sangat meragukan niat baik dari pelaku bisnis online bila harga yang ia tawarkan sangat jauh dibawah harga pasar.
6. Jangan tergesa-gesa melakukan pembayaran
Terkesan tergesa gesa mengiyakan apa yang kita inginkan dan mengharapkan kita langsung mentransfer pembayaran untuk barang yang ia tawarkan. Jangan terburu buru mengambil keputusan untuk mentransfer uang pembayaran bila anda masih memiliki keraguan terhadap online shop yang sedang anda hadapi.
Itulah beberapa hal yang hendaknya perlu anda terapkan ketika hendak melakukan online shop pada toko online yang semakin menjamur saat ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pengguna dan pengunjung internet untuk menghindari diri dari segala macam bentuk penipuan berkedok online shop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar